Khitanan ala Keluarga Ane

27 06 2011

Saya tak tau persis sejak kapan tradisi ini dimulai, yang saya tau tradisi ini sudah dilakukan keluarga saya dari buyutnya buyut orang tua laki-laki saya, dan sebagian besar Muslim Pontianak, yaitu tradisi Khataman Al-qur’an sekaligus Khitanan bagi anak Laki-Laki mereka yang akan memasuki Akil Baligh.
Prosesi ini terlebih dulu diawali dengan ritual “makan dalam kelambu” dan “buang-buang” (Ritual wajib sebelum melaksanakn hajatan), dan kemudian keesokan harinya anak akan “dipamerkan” oleh orang tuanya di pelaminan laksana pengantin yang mana sebelumnya anak diarak dari ujung gang menuju tempat dimana hajatan akan dilaksanakan (lagi-lagi kayak pengantin)

20110627-122346.jpg

Trus…setelah diarak maka prosesi khataman Al-qur’an dimulai. (khataman ini baru boleh dilakukan jika anak sedikitnya pernah sekali men-khatam-kan membaca Al-qur’an 30 Juzz) Sang Anak akan membaca Surat-Surat pendek dalam Juzz ke-30 dan Do’a.

20110627-061143.jpg

trus foto keluarga,

20110627-062238.jpg

trus makan-makan, trus dapat amplop, pokoknya dalam sehari dibikin senang, padahal besoknya dia akan dipisahkan dengan seiris kulit. Dan keesokan harinya…

20110627-063246.jpg

itu ceritaku, apa ceritamu?

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: