MABOK DUREN

1 07 2011

Disaat siang terasa lengang, tidak demikian ketika matahari tak lagi tampak. Separuh badan jalan adalah area parkir. Setidaknya itulah yang terjadi akhir-akhir ini di tiga per empat dari seluruh panjang jalan “Teuku Umar” Kota Pontianak. Hal ini dikarenakan oleh aktivitas yang dilakukan para penjual buah dengan penampilan menyeramkan ini di seperempat lebar jalan.

20110630-114302.jpg

Tapi disitulah asiknya makan Durian di seputaran jalan Teuku Umar Pontianak, makan durian memang mengasikkan tapi taukah anda menfaat dari buah berduri ini?

20110630-114114.jpg

Durian merupakan tanaman buah berupa pohon. Sebuah durian diduga berasal dari istilah Melayu, yaitu dari kata duri yang diberi akhiran -an. Kata ini terutama dipergunakan untuk menyebut buah yang kulitnya berduri tajam. Tanaman durian sendiri berasal dari hutan Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan yang merupakan tanaman liar. Penyebaran durian ke arah barat adalah ke Thailand, Birma, India, dan Pakistan. Di Asia, buah ini sudah dikenal sejak abad 7 M. Berdasarkan catatan sejarah, nama lain durian adalah Duren (Jawa, Gayo), Duriang (Manado), Dulian (Toraja), dan Rulen (Seram Timur).
Buah durian memiliki manfaat mineral alamiah yang mudah dicerna oleh tubuh kita. Durian juga mengandung fosfor dan zat besi yang 10 kali lebih banyak dari buah pisang (mas, ambon, dan beranga). Tapi karena kandungan mineralnya yang tinggi, terutama kalsium dan zat besi, durian dapat menjadi penyebab masalah pada pergerakan usus besar. Bagi yang memiliki riwayat darah tinggi, disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah ini bersama dengan alkohol karena dapat menyebabkan stroke. Selain itu, disarankan untuk banyak minum air putih sebelum dan sesudah makan durian untuk menghindari dehidrasi.

nah, mumpung di Pontianak dan mumpung masih musim duren, tapi mesti pinter-pinter nawarnya, jadi puas-puasin deh

Sumber

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: