Anda Bos? Silahkan Baca

10 07 2011

Menjadi atasan tidak hanya sekedar mampu mengkoordinasikan pekerjaan ataupun memerintah staf Anda, namun juga harus mampu mencipakan kondisi kerja yang nyaman bagi seluruh jajarannya. Berikut ini beberapa Tips dalam memelihara hubungan kerja dengan staf Anda agar nantinya mampu memberikan hasil yang terbaik, seperti yang Anda harapkan:

1. Pertama. Pilih kalimat yang halus dan sopan, saat memberikan sebuah tugas pada staf Anda. Pemilihan kalimat yang tepat akan memberikan perbedaan pada hasil sebuah tugas.

2. Kedua. Sampaikan kalimat pemberian tugas dengan nada yang tenang. Dengan cara ini tugas yang Anda berikan akan terselesaikan dengan efisien. Untuk menyampaikan sebuah koreksi kesalahan pada staf, sebaiknya disampaikan dalam pembicaraan empat mata, dengan sopan. Menugaskan staf dengan cara berteriak – sekalipun staf tersebut memang menjengkelkan – adalah cara yang tidak efektif

3. Ketiga. Berikan instruksi yang tepat dan jelas untuk setiap tugas. Instruksi yang samar dan bermakna ganda akan membuat stres pihak yang menerimanya

4. Keempat. Hindari mempermalukan staf Anda di depan bawahannya atau rekan sesama staf Anda – sekalipun Anda sudah kehabisan kesabaran terhadap sikapnya. Hal ini biasanya akan membekaskan luka di hati staf Anda.

5. Kelima. “Contoh sikap/Teladan sikap adalah perintah yang paling efektif.” Memunculkan kewibawaan di kalangan staf memang tidak mudah dan membutuhkan proses. Perintah-perintah yang Anda berikan pada staf akan semakin baik apabila Anda juga (pernah) menjalaninya. Misalnya, Anda memerintahkan staf Anda untuk tidak menggunakan fasilitas kantor untuk keperluan pribadi, namun justru Anda sendiri sering menggunakannya untuk keperluan pribadi Anda. Hal ini akan mengakibatkan hilangnya respect dan rasa hormat staf kepada Anda, yang pada muaranya akan berakibat pada tidak efektifnya perintah-perintah Anda yang lain.

6. Keenam. Keputusan seberapa besar honor yang Anda berikan bagi staf Anda merupakan poin penentu kualitas dan produktifitas staf Anda. Jadikan UMR (Upah Minimum Regional) sebagai acuan Anda untuk memutuskan jumlah honor yang akan Anda berikan kepada staf Anda, jika Anda masih tetap memberikan honor dibawah ambang batas UMR maka Anda harus siap dengan resiko menurunnya kualitas dan produktifitas kerja staf Anda atau kemungkinan terburuk yaitu RESIGNATION (Pengunduran Diri) dari staf Anda.

Jadi, siapkah Anda untuk menjadi Atasan yang baik bagi staf Anda? Selamat Mencoba Tips nya.

Sumber

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: