Asal Muasal Nama “INDONESIA”

17 08 2011

Nama ” INDONESIA” muncul pertama kali tahun 1850 yang diciptakan/dipakai oleh James Richard Logan (ahli hukum Skotlandia) Menurutnya dia lebih menyukai isitilah geografis “Indonesia” yang bersinonim dengan “Kepulauan Hindia”.

Pendapatnya merupakan penolakan terhadap istilah “indunesians” dan “Melayunesians” yang digunakan oleh George Samuel Windsoe Earl untuk menyebut penduduk Kepulauan Malayan.

JR Logan menciptakan istilah baru ” Indonesia” untuk menyebut penghuni wilayah gugusan nusantara dan membaginya menjadi 4 wilayah geografis :
1. Indonesia Barat terdiri dari Sumatera, semenanjung Melayu, Kalimantan, Jawa dan pulau-pulau antara.

2. Indonesia Timur Laut terdiri dari Formosa hingga gugusan Kepulauan Sulu dan Mindanao di Philipina hingga Kepulauan Visaya.

3. Indonesia barat daya terdiri dari Pantai timur Kalimantan hingga Papua Nugini termasuk gugusan kepulauan di papua barat, Kai dan Aru.

4. Indonesai Selatan terdiri dari gugusan kepulauan selatan trans-Jawa, anatara Jawa – Papua Nugini atau dari Bali hingga gugusan Kepulauan Timor.

Logan adalah orang yang pertama mengenalkan nama “Indonesia”, kemudian Adolf Bastian guru besar Etnologi Universitas Berlin yang mempopulerkannya di dunia akademis selama kurun waktu 1884-1894. Nama Indonesia sudah dikenal sebagai istilah budaya dan geografis, karena secara politis wilayah ini dikuasai Belanda dengan sebutan Nederlandsch-Indie (Hindia Belanda).

Makna politis terminologi Indonesia baru tumbuh setelah abad ke-20, setelah Suwardi Suryaningrat (Ki Hadjar Dewantara) memakainya melalui pendirian biro pers Indonesische Per-bureu saat diasingkan ke negeri Belanda tahun 1913. Tahun 1922 atas prakarsa Mohammad Hatta mengubah nama Indische Vereeniging menjadi Indonesische Vereeniging atau Perhimpoenan Indonesia yang merupakan organisasi pelajar dan mahasiswa Hindia di Belanda yang didirikan tahun 1908.

Era ini merupakan penguatan gerakan pemakaian nama “INDONESIA” sebagai pengganti istilah “Hindia Belanda” oleh kalangan pemuda dan mahasiswa Indonesia hingga mencapai kemerdekaan. Hal ini juga dibarengi adanya perubahan nama majalah milik Perhimpoenan Indonesia yauti Hindia Belanda menjadi “Indonesia Merdeka ” Sementara itu di tanah air, pergerakan memakai nama “Indonesia” dimulai tahun 1942 oleh dr.Soetomo pendiri Indonesische Studie Club. Setahun kemudian, Jong Islamieten Bond membentuk Kepanduan National Indonesische Padvinderi (NATIPIJ).

Nama “Indonesia” sebagai suatu negara dan bangsa baru muncul saat Soekarno – Hatta atas nama bangsa Indonesia memproklamirkan Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945. Kini Indonesia memasuki usianya yang ke-66 usia yang tidak muda lagi, apakah sudah terwujud cita-cita para pendiri negeri ini ?

Ref. : Majalah Gatra No. 27 Th XIV 15-21 Mei 2008

Sumber

Iklan




Legal?

18 07 2011

Orang bijak pernah bilang, “Tiap hal pasti punya dua sisi, positif dan negatif.”.

#cumatanya.

Kalau alasannya karena tidak baik untuk kesehatan.
Kenapa rokok legal dan ganja ilegal?
Kalau ganja ilegal, maka ganja tidak bisa diteliti oleh ilmuwan jenius di seluruh negeri.
Berarti kita semua tidak akan pernah tahu sisi positif ganja.

Kalau alasannya karena membuat candu, ketagihan, dan teman-temannya.
Banyak kok yang bikin candu, selain ganja.
Banyak bocah ingusan kecanduan main game PB.
Banyak remaja kecanduan internet.
Banyak orang kecanduan cabai, sambal, dkk.
Bapak-bapak juga kecanduan rokok.
Dan saya, saya juga kecanduan rokok.

#cumamikir.

Setahu saya, tiap tumbuhan punya serat, bukan? Maksudnya serat di daun, batang, dan apapun itu lah. Nah, serat itu, setahu saya juga, bisa diolah jadi kain (serat kapas), kertas (serat dari batang pohon), karung (serat goni), dan masih banyak lagi olahan serat. Saya kira, serat ganja juga bisa diolah untuk menghasilkan barang-barang seperti itu. Bisa juga, misalnya, batang ganja dikeringkan seperti batang eceng gondok, kemudian dianyam untuk barang kerajinan seperti tas, kursi, meja, dan lain-lain. Lagi pula, daun ganja juga melakukan fotosintesis yang menghasilkan Oksigen, bukan?

Untuk detail cara mengolah ganja, ya saya tidak begitu mengerti karena belum belajar. Saya kira ada lebih banyak orang yang lebih ahli dalam pemanfaatan serat dan bagian tumbuhan, dan kalau bisa ya menghilangkan zat berbahayanya sekalian *dasarbanyakmaunya*.

Yah, atau enggak, ganja legal untuk keperluan penelitian tok. Syukur-syukur bisa sekalian buat industri (di luar narkotika, tentunya).

Dan satu lagi. Ganja legal berarti peredarannya bisa diawasi pemerintah, dan bisa ditarik pajaknya juga 🙂

Sumber





MABOK DUREN

1 07 2011

Disaat siang terasa lengang, tidak demikian ketika matahari tak lagi tampak. Separuh badan jalan adalah area parkir. Setidaknya itulah yang terjadi akhir-akhir ini di tiga per empat dari seluruh panjang jalan “Teuku Umar” Kota Pontianak. Hal ini dikarenakan oleh aktivitas yang dilakukan para penjual buah dengan penampilan menyeramkan ini di seperempat lebar jalan.

20110630-114302.jpg

Tapi disitulah asiknya makan Durian di seputaran jalan Teuku Umar Pontianak, makan durian memang mengasikkan tapi taukah anda menfaat dari buah berduri ini?

20110630-114114.jpg

Durian merupakan tanaman buah berupa pohon. Sebuah durian diduga berasal dari istilah Melayu, yaitu dari kata duri yang diberi akhiran -an. Kata ini terutama dipergunakan untuk menyebut buah yang kulitnya berduri tajam. Tanaman durian sendiri berasal dari hutan Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan yang merupakan tanaman liar. Penyebaran durian ke arah barat adalah ke Thailand, Birma, India, dan Pakistan. Di Asia, buah ini sudah dikenal sejak abad 7 M. Berdasarkan catatan sejarah, nama lain durian adalah Duren (Jawa, Gayo), Duriang (Manado), Dulian (Toraja), dan Rulen (Seram Timur).
Buah durian memiliki manfaat mineral alamiah yang mudah dicerna oleh tubuh kita. Durian juga mengandung fosfor dan zat besi yang 10 kali lebih banyak dari buah pisang (mas, ambon, dan beranga). Tapi karena kandungan mineralnya yang tinggi, terutama kalsium dan zat besi, durian dapat menjadi penyebab masalah pada pergerakan usus besar. Bagi yang memiliki riwayat darah tinggi, disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah ini bersama dengan alkohol karena dapat menyebabkan stroke. Selain itu, disarankan untuk banyak minum air putih sebelum dan sesudah makan durian untuk menghindari dehidrasi.

nah, mumpung di Pontianak dan mumpung masih musim duren, tapi mesti pinter-pinter nawarnya, jadi puas-puasin deh

Sumber





Inilah Dia Foto-Foto Barang Peninggalan Rasulullah SAW

14 06 2011

Baju Nabi Muhammad SAW:

Topi Perang:

Baju dan Barang-barang  Rasulullah SAW:

Kotak Gigi Rasulullah SAW:

Kunci Ka’bah di Zaman Rasulullah SAW:

Pedang Rasulullah SAW:

Jejak Kaki Rasulullah SAW:

Rambut Rasulullah SAW:

Tulisan yang ditulis Rasulullah SAW:

Sorban Rasulullah SAW:

Gigi dan Rambut Rasulullah SAW:

mangkok minum Rasulullah SAW:

Sumber





Sabtu Malam Lagi…eh..Malam Minggu

11 06 2011

Ga’ terasa Malam Minggu lagi…
di Pontianak udah pasti ke Mega Mal A yani lagi nih
mau kemana lagi coba?
oo iya…ini dia pilihan buat menghabiskan Malam Minggu Kamu di Kota Pontianak

1. A Yani Mega Mal

Ayani mega mall Pontianak

Kebanyakan anak muda (demikian juga dengan yang tua renta) Pontianak kesini pada malam Minggu, baik yang belanja atau sekedar makan malam,maupun yang sekedar melototin barang-barang di etalase sambil ngiler tanpa memiliki kemampuan untuk membeli.

2. Taman Alun Kapuas a.k.a KOREM

Taman Alun Kapuas a.k.a KOREM

Setelah dilakukannya perbaikan besar-besaran dan masih tetap berlangsung perbaikannya sampai sekarang, KOREM merupakan salah satu alternatif tempat untuk dikunjungi, tempat untuk “gerepek2” pacar tanpa ada yang peduli, tempat nongkrong sambil menghabiskan arak yang dibeli di Gang Abadi (pengalaman pribadi). Daya tarik KOREM adalah memiliki “open space” luas untuk bermain anak, dan yang PALING menjadi “Focal Point” adalah AIR MANCUR (norak nih…padahal air mancurnya mati)

3. Taman Universitas Tanjung Pura

Taman Untan

Paling pas sih disini buat pacaran (bagi yang punya pacar. Yang ga’ punya jangan coba2 kesini..bisa ngiri), ini juga merupakan sentra berkumpulnya berbagai Komunitas, Fixie, Skateboard, vespa, ontel,…(kayaknya semua Komunitas kongkow disini deh),gue minggu lalu juga disini…dan hampir ga’ bisa pulang….hiks…

4. Makam Mak Ngah Pesah Di TPM gang Kasturi Jeruju

makam Mak Ngah Pesah di TPM gg. Kasturi Jeruju Pontianak

Ini dia tempat “pamungkas” dan yang lagi “Hot”…baca postingan sebelumnya untuk informasi lebih lengkap…hehehe





(KATANYA) ADA MAYAT

9 06 2011

“BUBAR-BUBAR…..APALAGI YANG MO DILIAT..UDAHLAH BAPAK2, IBU2…KASIAN KELUARGA ALMARHUM…MALU…KELUARGANYA MENINGGAL DITONTON ORANG RAMAI….BAYANGKAN KALO KLUARGA IBU YANG DITONTON KAYAK GITU..MALU NDAK” Kata petugas Polantas yang berjaga di sekitar Tempat Kejadian Perkara ketika saya datang dengan sengaja untuk melihat sendiri tempat (yang katanya) Mayat jatuh berenang di rawa yang tergenang air di kawasan Jeruju (disebelah gang Kasturi). Simpang siur cerita yang berkembang dari mulut ke mulut, berawal dari “KATANYA” Almarhumah “YANG KATANYA” dari gang Pisang “YANG KATANYA” berprofesi sebagai dukun beranak sedianya akan dimakamkan di Pemakaman Umum Sekitar “terjatuh” dari Keranda Mayat ke tanah becek dibawah “gertak” alias Jembatan yang menghubungkan jalan dan tempat pemakaman dan sangat mengejutkan dan “mengherankan”……JREEEENNNNNGGGGG….MAYAT TERSEBUT TAK BISA DIANGKAT!!…Nah loh…Koq bisa?…kayak cerita di sinetron Hidayah aja…sampai tadi siang orang2 masih berkumpul untuk menyaksikan sendiri tempat tersebut. KATANYA mayat sudah dimakamkan tepat dimana jenazah itu jatuh..tapi setelah melihat video rekaman menggunakan ponsel yang direkam remaja setempat saya jadi yakin kalau mayat tersebut sudah dimakamkan (sayang saya lupa untuk minta ditransferkan videonya ke Ponsel saya….hiks..). KATANYA orang2 sekitar bercerita..kalau pemilik toko meubel di datangi arwah Almarhumah pada malam Ketiga setelah pemakaman untuk minta tolong bukakan tali pocong….hiiiiiiii….

SEKARANG!!!! Segera kunjungi tempat wisata (mistik) terbaru di Komplek Pemakaman Muslim Umum di Jl. Kom Yos Sudarso di antara Komplek Perumahan Bali Indah dan Gg. Kasturi Jeruju Pontianak Kalimantan Barat…dan….dengar sendiri desas-desus yang beredar…lalu komentar deh disini….

tempat mayat yang tak dapat diangkat